Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang mengadakan pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).

News

Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang mengadakan pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS). Yang dilakukan tanggal 22-24 Agustus 2023 secara online melalui via zoom dan offline pada tanggal 28Agustus 2023 sampai 02 September 2023. Kegiatan ini diikuti sebanyak 74 mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesi angkatan 2019, dan 15 dosen yang berasal dari Program Studi Diploma III Kebidanan, Program Studi Diploma III Radiologi dan Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesi Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah.
Ketua peyelengara pelaksana Galih Pria Pambayun., P.hD mengatakan, kegiatan ini diawali dengan Pre Test dan dilanjutkan dengan pembukaan. Pembukaan dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an yang kemudian diikuti menyanyikan lagu Indonesia raya ini berlangsung dengan khidmat. Sambutan Dr. Ir. Syafrimen Yasin, MS. MSc selaku Wakil Rektor I menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk melatih para tenaga kesehatan dan khususnya bagi mahasiswa agar mampu dan kompeten dalam penaganan mengenai situasi kegawatdaruratan, yang diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama dengan baik dan sesuai standar pada pasien kegawatdaruratan, sehingga ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini bisa dikembangkan dan diaplikasikan baik dari Dosen sebagai tenaga pendidik dan mahasiswa dengan baik di lahan praktik. Kegawatdaruratan ini merupakan kondisi yang tidak bisa diprediksi, sebagai petugas kesehatan harus selalu siap dan tetap memiliki bekal ilmu yang sesuai dengan standar yang berlaku.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi diantaranya Building Learning Commitment (BLC), Penerapan Core Value Berakhlak dalam Pelayanan Kesehatan, Literasi Digital, Kebijakan Pengembangan Kompetensi SDM Kesehatan, Anti korupsi, Sistem Penanggulangan Gawat Darurat, Aspek Legal dan Etika, Penilaian dan Penatalaksanaan awal, Penatalaksanaan pasien akibat trauma, Penatalaksanaan pasien dengan gangguan jalan napas dan pernapasan (Airway And Breathing), Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan Automatic External Defibrillator (AED), Kolaborasi dalam kegawatdaruratan, Triase Pasien, Penatalaksanaan pasien dengan gangguan sirkulasi, Penatalaksanaan Kegawatdaruratan Kardiovaskuler, Sistem Rujukan dan Transportasi. Dengan narasumber dari berbagai instansi seperti Kemenkes, Bapelkes Semarang, IPAI, RSI Sultan Agung Semarang dengan rincian sebagai berikut Siti Muniroh, S. Kep., Ns, Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid, Dra. Dorce Tandung, M.Si, DR. Budhi Mulyadi, .Kep.Ns.,Sp.Kom, Agus Budi Prasetyo, S.Tr.Kep, Ns. Mujiono Aji Pamungkas, S.Kep, Ns.Sri Hartini, S.Kep, Tri Budi Santoso, SKM., M.Si, Ns. Vita Andriyani, S.Kep, dan Ns. Abdul Malik, S.Kep.
Acara kemudian akan dilanjutkan pada tanggal 28 Agustus 2023 sampai 02 September 2023 dalam bentuk Workshop yang dibimbing langsung oleh tim dari Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang serta tim RSUP Dr. M. Djamil Padang yang telah besertifikasi Kemenkes. Untuk mengetahui sejauh mana pencapaian hasil dari pelatihan BTCLS ini maka dilakukan pengukuran pencapaian kompetensi dosen dan siswa dilakukan dalam bentuk ujian praktik Bantuan Hidup Dasar, Defibrilasi, Workshop Intubasi, Balut Bidai, SPGDT, Triase Pasien, Cara Evakuasi, EKG dan soal Post Test. Hasil dari kegiatan ini menghasilkan capaian yang sangat memuaskan dengan terdapat juara yang terbaik disetiap masing-masing.

Kelompok A untuk dosen diantaranya Ns. Astilia,.S.Kep, M.Kep, dengan nilai (94,91), Ns. Fatimah,.S.Kep, M.Kep (94,36), Hendri Devita., SKM,.M.Biomed (93,64), kelompok B mahasiswa yang terdiri dari Mawadah (94,09), Fania Erisa (93,27), Purti Maharani Andes (93,03), kelompok C Muhammad Zuhdi Zulhadi (92,27), Violita Angely Putri (92,09), Muhammad Ripqi (91,55), dan kelompok D Hilmi Asri Aziz (94,06), Yuli Artika (93,03), Gilang Navanza Yusuf (93,01). Tim pelatih BTCL menyampaikan pengumuman bahwa semua peserta dinyatakan berhasil dalam ujian praktik dan ujian tulis.