YUDISIUM KE-41 DAN PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI BIDAN PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN

News

Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Vokaksi Universitas Baiturrahmah mengadakan Yudisium dan Pengambilan Sumpah Janji Bidan Angkatan ke-XLI Program Studi Diploma III Kebidanan. Kegiatan ini diikuti sebanyak 19 mahasiswa yang dinyatakan lulus Uji Kompetensi (UKOM). Acara ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan III, Kaprodi Keperawatan Anestesi, Kaprodi Radiologi,  ketua IBI Prov Sumatara Barat dan seluruh Dosen Akademi Kebidanan fakultas Vokaksi Universitas Baiturrahmah.

Pengucapan Sumpah Bidan

Dalam yudisium ini ada 3 mahasiswa dengan nilai tertinggi pertama diraih oleh mahasiswa atas nama Dewi Rabiyah dengan IPK 3,66. Tertinggi kedua yakni Eva Santi dengan IPK 3,57 dan terbaik ketiga yakni Intikta Adila Sari dengan IPK 3,55. Selamat bagi mahasiswa yang telah lulus, semoga ilmu yang didapatkan selama perkuliahan dapat bermanfaat.

Serah Terima Piagam Lulusan Terbaik

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pengurus Daerah Sumatera Barat (Sumbar) Hasnawati Amd Keb, SKM, MM melantik sekaligus mengambil sumpah bidan lulusan Prodi DIII Kebidanan Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah pada Senin, 21 Agustus 2023 pukul 09.40 WIB,. Yang dilakukan di depan Dekan Vokasi dan Wakil Dekan serta Ketua Prodi D3 Kebidanan dan jajaran dosennya.

Dalam sambutannya usai mengambil sumpah, Ketua IBI mengatakan bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang dapat berperan serta dalam upaya mewujudkan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal khususnya kesejahteraan ibu dan anak sehingga kasus angka kematian ibu dan anak akibat persalinan dapat di tekan seminimal mungkin sehingga tingkat kesehatan ibu dan anak di indonesia akan semakin membaik. bidan merupakan perofesi yang sangat berperan besar dalam mewujudkan masyarakat indonesia sehat.

Ketua IBI  mengatakan Angkat Sumpah Profesi dan Janji bidan ini dilakukan kepada Bidan yang telah menyelesaikan pendidikan kebidanan baik DIII atau Profesi bidan yang di atur dalam Undang Undang no 36 Tahun 2014 tentang tenaga kesehatan Bab VI pasal 44 ayat 3 sebagai syarat utama untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) bidan. Selain STR seorang bidan harus memiliki Surat ijin Kerja Bidan bagi bidan yang ingin bekerja di intitusi atau lembaga kesehatan. dan memiliki surat ijin praktik bidan bagi yang ingin mendirikan tempat praktik kebidanan. Selain itu ketua IBI menyarankan untuk lulusan bidan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi seperti S1 dan seterusnya.

Sambutan Dekan

Sambutan  Dekan fakultas Vokasi Oktavia Puspita Sari, Dipl. Rad. S. Si. M. Kes  dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa mahasiswa kebidanan 100% berhasil lulus UKOM Nasional dan dosen kebidanan sangat aktif dalam segala kegiatan akademik baik tingkat nasional  salah satunya kegiatan kampus mengajar yang akan dilakukan oleh 12 mahasiswa kebidanan yang disebar disekolahan diwilayah Sumbar. Dekan juga menyampaikan bahwa profesi bidan adalah mulia karena berhubungan erat dengan kelangsungan hidup ibu dan anak serta membantu mengatasi stunting di masyarakat. Selain itu dekan berpesan kepada lulusan kebidanan harus selalu mengupgraede ilmu pengetahuan, karena belajar itu dilakukan sepanjang hayat.

Acara kemudian ditutup dengan susunan acara diakhiri dengan sesi foto bersama.