Fakultasi Vokasi Universitas Baiturrahmah mengadakan kuliah umum yang di ikuti oleh Prodi keperawatan Anestesiologi dan Prodi D3 kebidanan bersama narasumber dari PMI dan BPBD

News

Fakultasi Vokasi Universitas Baiturrahmah mengadakan kuliah umum yang di ikuti oleh Prodi keperawatan Anestesiologi dan Prodi D3 kebidanan bersama narasumber dari PMI dan BPBD pada hari Senin tangal 22 Mei 2023 dan Rabu 24 Mei 2023 di audit Universitas Baiturrahmah. Kegiatan ini di ikuti oleh Dosen dan 118 mahasiswa yang terdiri dari 90 orang mahasiswa keperawatan Anestesi dan 28 orang mahasiswa D3 kebidanan.

Kuliah umum ini merupakan implikasi dari mata kuliah Manajemen Bencana yang menjadi salah satu penciri Prodi Keperawatan Anestesiologi Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah. Narasumber dari Bapak Hidayatul Irwan, S.Kom, MT (Kepala Markas PMI Prov Sumbar/POF PB BPBD SUMBAR/Pengawas PUSDALOPS BPBD Sumbar/Koord FPRB Sumbar) berbagi pengalaman kepada mahasiswa tentang Peran PMI dalam penanggulangan bencana dan pertolongan pertama (First Aid) pada korban bencana.

Sementara itu narasumber Bapak Indraveri,M.Kes (Kasi pencegahan BPBD) memberikan materi tentang Rapid Health Assesment (RHA) dan Kepemimpinan, koordinasi dalam sistem perawatan kesehatan bencana, layanan kesehatan darurat. Kuliah umum ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa terkait penanggulanggan bencana dan mampu berperan aktif dalam penanggulangan bencana sesuai dengan keilmuannya masing-masing.