Program Studi

Kebidanan

Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari Program Studi Diploma III Kebidanan Universitas Baiturrahmah Padang

Ayo Daftar!!

Portal Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Baiturrahmah

VISI , MISI, TUJUAN DAN SASARAN

 

PRODI DIII KEBIDANAN FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS BAITURRAHMAH

Visi :

Menghasilkan lulusan bidan yang unggul dan terampil dalam pelayanan kebidanan komunitas berbasis IPTEKS serta memiliki soft skill sebagai insan yang berakhlakul karimah pada tahun 2025.

Misi :

Untuk mewujudkan visi tersebut telah ditetapkan misi untuk dilaksanakan, yaitu:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan diploma III Kebidanan yang berkualitas dan melaksanakan asuhan kebidanan normal pada siklus kehidupan serta mampu melakukan deteksi dini berdasarkan evidence based practice di komunitas sesuai dengan perkembangan industrial 4.0.
  2. Menyelenggarakan Penelitian yang inovatif tentang masalah – masalah kebidanan komunitas sepanjang daur kehidupan sesuai dengan perkembangan industrial 4.0.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian masyarakat yang inovatif dalam upaya promotif, dan preventif terhadap permasalahan kebidanan di komunitas sesuai dengan perkembangan industrial 4.0
  4. Menyelenggarakan kerjasama yang sinergi dengan institusi kesehatan dan instansi terkait di tingkat regional, nasional dan internasional.
  5. Mengamalkan perkembangan ilmu kebidanan berdasarkan evidence based practice dengan nilai-nilai soft skill sehingga dapat memiliki integritas kepribadian sebagai insan yang berakhlakul kha
  6. Meningkatkan peran dan kerjasama lahan praktek negeri ataupun swasta dalam penyelarasan program studi dengan pola pembelajaran yang inovatif

 

Tujuan :

Untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi tersebut diatas, tujuan Program Studi D III Jurusan Kebidanan Universitas Baiturrahmah telah di tetapkan untuk masing-masing misi :

  1. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang mampu berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan essensial normal pada kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, nifas, KB, bayi, balita dengan melibatkan keluarga dan masyarakat dengan menambahkan nilai-nilai religius dalam setiap asuhan yang diberikan.
  2. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang mampu melakukan deteksi dini, penanganan awal kegawatdaruratan maternal, neonatal dan rujukan sesuai dengan Undang undang kebidanan 2019, permenkes nomor 28 tahun 2018, SOP (Standar Operasional Prosedur) dan kode etik profesi.
  3. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang mampu memberikan informasi dalam pelaksanaan asuhan kebidanan dan pendidikan kesehatan pada masa hamil, nifas, remaja, pra konsepsi, pra monopouse yang dibutuhkan oleh keluarga dan masyarakat sesuai dengan kewenangan.
  4. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang mampu berkomunikasi secara terapeutik, memberikan pembaharuan dalam asuhan kebidanan dan mampu berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya dalam pelaksanaan asuhan kebidanan
  5. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang memiliki softskill dan kepribadian yang kuat serta menguasai bahasa Inggris
  6. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang siap kerja dengan dibekali dengan sertifikat keahlian sesuai dengan perkembangan industrial 4.0
  7. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang memiliki karakeristik yang kuat melalui pendidikan berkarakter.